Kabupaten Bogor

KPUD Kabupaten Bogor Luncurkan Program DP3, Ini Harapan Ade Yasin

Ade mengungkapkan Kabupaten Bogor memiliki jumlah penduduk dan hak pilih terbanyak di Indonesia.

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, BOGOR - Bupati Bogor Ade Yasin mengapresiasi peluncuran Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) serta Rumah Pintar Pemilu Digital (RPP Digital) dari KPUD Kabupaten Bogor di Auditorium Setda Kabupaten Bogor, Cibinong, Kamis (4/11/2021).

"Kami sangat mengapresiasi program KPU ini dalam menyongsong Pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024 untuk mendorong tumbuhnya kader-kader perubahan dan pemilih cerdas," kata Ade, Kamis (4/11/2021).

Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) dan Rumah Pintar Pemilih Digital ini akan dikolaborasikan dengan konsep Bogor Electoral, Technology, and Research (BETTER) dengan pemanfaatan platform web yang terdiri dari beberapa sistem.

Ade mengungkapkan Kabupaten Bogor memiliki jumlah penduduk dan hak pilih terbanyak di Indonesia.

Baca juga: Vanessa Angel dan Suami Meninggal di Tol, Polisi Duga Sopir Mengantuk

"Ini tentunya menjadi tantangan tersendiri untuk dapat menyelenggarakan tata kelola Pemilu yang berkualitas dan berintegritas," tuturnya.

Pada pemilu 2019, Kabupaten Bogor dibagi kedalam 6 Dapil dan jumlah TPS sebanyak 15.000 TPS, dengan jumlah PPK dan sekretariat berjumlah 320 orang, PPS dan sekretariat sebanyak 2.610 orang,  serta KPPS dan anggota Linmas berjumlah 135.000 orang.

Saat ini sudah dilakukan juga pemutakhiran data pemilih oleh KPU sebanyak 3.488.985 jiwa pemilih.

"Semoga dengan adanya program ini, masyarakat pemilih semakin cerdas, kritis, dan tidak terjebak oleh praktik politik uang," harap Ade.

Baca juga: Nikita Mirzani Ngaku Tarif Endorsenya Lebih Besar Ketimbang Rachel Vennya

Menurut Ade, pendidikan politik mengharuskan masyarakat lebih peka dalam mendengar apa yang disampaikan oleh calon, tidak lagi dengan berupa materi atau sesuatu yang sifatnya konsumtif.

"Saya kira orang lebih senang membuka gadget daripada buku, sehingga hoax ini lebih cepat sampai," papar politisi PPP ini.

Ade berharap dua program ini bisa mengurangi hoax, kampanye SARA, konflik, dan juga kekerasan, sehingga partisipasi politik semakin meningkat, bukan hanya sekedar kuantitas tetapi juga kualitas.

"Kita dukung Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan agar berjalan sukses dan melahirkan pemilih-pemilih cerdas untuk demokrasi yang bermartabat," tandasnya.

Baca juga: Ini Ulasan Film Lawas Korea Oldboy yang Hadir Kembali di Bioskop Indonesia Dalam Format Restorasi 4K

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved