Pemkot Depok

KPU Kota Depok Tunggu Keputusan Hari Pencoblosan Sebelum Melakukan Sosialisasi Tahapan Pemilu

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok mengatakan saat ini pihaknya belum melakukan sosialisasi terkait tahapan Pemilu.

Penulis: Vini Rizki Amelia | Editor: murtopo
TribunnewsDepok.com/Vini Rizki Amelia
Ketua KPU Kota Depok Nana Shobarna saat ditemui TribunnewsDepok.com di ruang kerjanya, Kantor KPU Kota Depok, Jalan Kartini Raya, Pancoran Mas, Kota Depok, Jumat (29/10/2021). 

Laporan Wartawan TribunnewsDepok.com, Vini Rizki Amelia

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, PANCORAN MAS -  Meski tahunnya telah ditetapkan bahwa pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) dilakukan pada 2024, namun hingga kini kapan hari pencoblosan akan berlangsung masih digodok.

Untuk itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok mengatakan saat ini pihaknya belum melakukan sosialisasi terkait tahapan Pemilu.

Ketua KPU Kota Depok Nana Shobarna mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu kapan hari pencoblosan ditetapkan.

"Untuk Pemilu maupun Pilkada memang skenarionya akan dilaksanakan dalam satu tahun yakni 2024. Cuma memang sampai saat ini KPU di daerah masih belum mendapatkan tahapan tersebut karena di tingkat pusat masih dibicarakan kapan hari H pencoblosan," tutur Nana kepada TribunnewsDepok.com saat ditemui di ruang kerjanya, Kantor KPU Kota Depok, Jalan Kartini Raya, Pancoran Mas, Kota Depok, Jumat (29/10/2021).

Baca juga: Ajak Kaum Milenial Berperan Aktif Dalam Pemilu, Ade Yasin Dukung Inovasi KPUD Kabupaten Bogor

Nana memaparkan, hingga detik ini waktu pencoblosan masih sebatas usulan, di mana KPU Pusat mengusulkan agar Pemilu 2024 dilaksanakan pada Februari.

Sementara dari pemerintah mengusulkan pelaksanaan pesta demokrasi tersebut dilakukan pada Mei 2024.

"(Hari H) ini kan belum ketemu sehingga secara runutan tahapannya sampai sekarang juga belum disampaikan kepada kami karena belum ada kepastian. Tentunya dalam hal ini KPU di daerah menunggu," katanya. 

"Sekiranya itu sudah ditetapkan maka kami KPU di daerah siap bergerak untuk melaksanakan tahapan," papar Nana.

Baca juga: Pemilih Milenial 212 Ribu Orang, KPUD Kabupaten Bogor Sosialisasi Pemilu 2024 di SMKN 1 Cibinong

Namun demikian, guna meningkatkan partisipasi atau keikut sertaan masyarakat dalam pesta demokrasi itu, Nana mengatakan pihaknya terus melakukan sosialisasi dan evaluasi dari hasil yang diperoleh KPU Kota Depok pascapilkada.

"Kami lebih cenderung melakukan kegiatan sosialisasi sebagai upaya evaluasi pada pelaksanaan Pilkada lalu, kami turun ke sejumlah kelurahan yang tingkat partisipasinya rendah," ujarnya.

Upaya itu, kata Nana dilakukan tak hanya demi meningkatkan partisipasi melainkan juga untuk menghimpun masukan, saran ataupun catatan-catatan yang bisa diperbaiki KPU Kota Depok di kemudian hari.

Baca juga: Update Angin Puting Beliung Depok, Atap Kantor KPU Kota Depok Sampai Ambruk Kena Pohon Tumbang

Utamanya dalam pelaksanaan Pemilu maupun Pilkada/Pilgub pada 2024 silam, sehingga masyarakat bisa lebih tertarik lagi dalam menggunakan hak suaranya.

Sosialisasi tersebut pun dikatakan Nana sudah dilakukan beberapa kali melalui kegiatan webinar secara massal kepada masyarakat.

Pilihan Webinar, lanjut Nana diambil lantaran saat ini pandemi Covid-19 masih belum hilang.

"Kalau sosialisasinya untuk tahapan memang belum kami lakukan karena masih menunggu keputusan pusat, walaupun draftnya kami sudah tahu tapi kami menunggu kepastian sehingga kita bisa melakukan hal itu sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan," ujarnya.

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved