Berita Bekasi

Unkris Gelar Santunan Anak Yatim, Rektor Sampaikan Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW

Rektor Unkris sampaikan hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW. Peringati hari kelahiran Nabi Muhammad gelar santunan anak yatim.

Penulis: dodi hasanuddin | Editor: dodi hasanuddin
Istimewa
Unkris Gelar Santunan Anak Yatim, Rektor Sampaikan Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW. 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, BEKASI - Unkris gelar santunan anak yatim, Rektor sampaikan Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW.

Jajaran pimpinan dan civitas akademika Universitas Krisnadwipayana (Unkris) gelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sekaligus santunan bagi anak yatim dari Yayasan Nurul Islam Sabilur Rasyad, pada Kamis (21/10/2021).

Baca juga: Libur Maulid Nabi Muhammad SAW, Warga Depok Senang Bisa Nikmati Wisata Air Putri Duyung

Kegiatan yang berlangsung di Masjid Al Ihsan, Kampus Unkris tersebut dihadiri Rektor Dr. Ir. Ayub Muktiono, M.SIP, CIQaR dan jajarannya, Ketua Yayasan Unkris Amir Karyatin, SH, dan Sekretaris Yayasan Unkris Dyah Riestyantie.

Selanjutnya adalah Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Dr. H Pandji Sukmana, perwakilan fakultas, para ketua lembaga dan dewan kemakmuran masjid.

Baca juga: Taiwan Excellence Sharing is Caring Fokus pada Isu Kesejahteraan Sosial dan Perlindungan Lingkungan

Kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut diawali dengan lantunan suara adzan yang dibawakan oleh Rektor Unkris, menandai masuknya waktu shalat Ashar.

Rektor Unkris memaparkan bahwa Maulid Nabi Muhammad SAW menjadi salah satu kegiatan yang rutin digelar oleh Unkris setiap tahunnya.

“Kita patut bersyukur bahwa Unkris memiliki tradisi baik yakni menyelenggarakan Maulid Nabi sekaligus kegiatan sosial berupa santunan untuk anak-anak yatim,” kata Rektor.

Beberapa hikmah yang bisa diambil dari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW lanjut Rektor antara lain adalah bagaimana kita menyebarluaskan salam, bagaimana menyambung talisilaturahmi, memberikan makan kepada fakir miskin dan membiasakan shalat malam (tahajjud).

“Hal terpenting adalah bagaimana kita memuliakan anak yatim sebagaimana diperintahkan oleh Allah SWT dan diteladankan oleh Rosululloh,” tukasnya.

Rektor mengatakan, agama Islam memberikan tempat istimewa bagi anak-anak yatim.

Baca juga: Berbagi Kebahagiaan, Melisa Etna Tiara Bagikan Ribuan Paket Souvenir Kepada Anak Yatim

Dalam Alquran surat Al Maa’un ayat 1 -2 Allah SWT berfirman “Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama? Maka itulah orang yang menghardik anak yatim.

Demikian juga QS Ad Duha ayat 9, Allah SWT sangat melarang kita bertindak sewenang-wenang terhadap anak yatim. “Maka terhadap anak yatim janganlah engkau berlaku sewenang-wenang.”
“Tempat yang istimewa untuk anak yatim ini masih diperkuat dengan ayat-ayat lain dalam Al Qur’an dan hadist Rosululloh,” lanjut Rektor.

Baca juga: Cegah Cluster PTMT Depok, Sekolah Diingatkan Taati Prosedur dan Swab Antigen Acak

Rektor mengingatkan, orang-orang yang mengabaikan anak yatim, apalagi menghardik dan mengambil haknya anak yatim, itulah orang yang tergolong pendusta agama.

Selain itu orang yang menyia-nyiakan anak yatim hidupnya tidak akan berkah. Itu sebabnya ia mengajak agar kita semua tidak menyia-nyiakan anak yatim.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved