PON XX Papua

Manajer Tim Dayung Jawa Barat Ungkap Kunci Sukses Atlet Jawa Barat Jadi Juara Umum Pon XX Papua

Manajer tim dayung Jawa Barat, Alia Maedina mengaku sangat bersyukur anak asuhnya bisa melampaui perolehan target PON Jabar sebelumnya yakni 18 emas.

Editor: murtopo
Tribunnews/Abdul Majid
Tim Jawa Barat dipastikan menjadi juara umum di cabor dayung PON XX Papua 2021 dengan torehan 19 medali emas, tujuh perak dan tujuh perunggu. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, JAYAPURA – Tim Jawa Barat dipastikan menjadi juara umum di cabor dayung dengan torehan 19 medali emas, tujuh perak dan tujuh perunggu.

Perolehan medali emas tim dayung Jawa Barat bisa saja bertambah lantaran masih ada nomor TBR Mix 1000 meter dan 500 meter yang akan diperlombakan esok hari.

Manajer tim dayung Jawa Barat, Alia Maedina mengaku sangat bersyukur anak asuhnya bisa melampaui perolehan target PON Jabar sebelumnya yakni 18 medali emas.

Capaian itu dikatakan Alia karena para atlet melakukan persiapan panjang selama dua tahun.

Baca juga: Tim Dayung Putra dan Putri Jawa Barat Borong Medali Emas PON XX Papua di Nomor TBR 200 Meter

“Ya, selama persiapan selama dua tahun kami bina 100 atlet, tahun berikutnya ada pengurangan atlet menjadi 80 atlet. Kemudian 3 bulan sebelum PON kita pilih 52 atlet; 32 pria dan 20 wanita,” terang Alia seusai menyaksikan perlombaan di Venue Dayung, Jayapura, Senin (11/10/2021).

Alia juga menjelaskan selain persiapan panjang, proses pembinaan dengan mengadakan Pekan Olahraga Daerah (Porda) juga membuat atlet-atlet dayung di Jawa Barat bermunculan.

Bahkan setelah ini, mereka akan kembali menggelar Porda dan atlet-atlet yang terpilih nanti kembali dipersiapkan guna mengganti atlet-atlet yang sudah tidak bisa bermain di PON 2024 yang rencana digelar di Aceh dan Sumatera Utara.

Baca juga: Tim Dayung Putra Jawa Barat Kembali Raih Medali Emas PON XX Papua, Kali Ini Nomor TBR 500 Meter

“Setelah ini kami akan adakan kualifikasi Porda. Jadi mungkin anak-anak akan istirahat sebentar dan kembali ke Pengcab masing-masing,” kata Alia.

“Kemudian babak kualifikasi Porda itu bulan Desember. Nah mereka akan konsentrasi ke Porda, dari Porda kami akan laksanakan pemusatan latihan untuk PON yang akan datang di Aceh,” jelasnya.

Baca juga: Pesona Keindahan Venue Dayung PON XX Papua di Teluk Youtefa, Jadi yang Terindah di Indonesia

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved