Breaking News:

Tribun Network

Peluncuran TribunnewsDepok.com, Kang Emil Sebut Jawa Barat adalah Provinsi Ekonomi UMKM

Kang Emil sebut Jawa Barat adalah provinsi ekonomi UMKM. Hal itu disampaikan Gubernur Ridwan Kamil dalam peluncuran TribunnewsDepok.com.

Penulis: Mochammad Dipa | Editor: dodi hasanuddin
TribunnewsDepok.com/Mochammad Dipa
Peluncuran TribunnewsDepok.com, Kang Emil Sebut Jawa Barat adalah Provinsi Ekonomi UMKM. 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, PANCORAN MAS - Peluncuran TribunnewsDepok.com, Kang Emil sebut Jawa Barat adalah provinsi ekonomi UMKM.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memandang kemajuan teknologi dan pandemi Covid-19 menuntut masyarakat menjadi untuk melek digital.

Baca juga: Menko Airlangga Jelaskan Soal Tambahan Alokasi Anggaran Khusus UMKM Rp96,21 Triliun

Sebab, saat ini beraktivitas digital sebuah keharusan.

"Dulu aktivitas digital ini adalah pilihan, tapi sekarang bearktivitas digital itu menjadi sebuah keharusan," ungkap Ridwan Kamil saat menjadi pembicara webinar yang mengangkat tema: "Nyok Bangkitkan Digitalisasi UMKM di Tengah Pandemi Covid-19 sekaligus sebagai peluncuran TribunnewsDepok.com, Jumat (8/10/2021).

 

Baca juga: Launching TribunnewsDepok: Menteri Airlangga Sampaikan Pertumbuhan Ekonomi Digital di Tengah Pandemi

Menurut Kang Emil, sapaan akrab dari Ridwan Kamil, di Indonesia ada 64 juta UMKM. Untuk Provinsi Jawa Barat, lebih dari 80 persen UMKM mendominasi aktivitas ekonomi Jawa Barat.

"Jadi boleh dibilang Provinsi Jawa Barat adalah provinsi ekonomi UMKM," sebutnya.

Menurut Kang Emil, para UMKM ini harus mampu beradaptasi secara digital. Kuncinya adalah data.

"Konsumen yang mau beli kalau nggak ada data UMKM di Depok atau Jawa Barat ini jualannya apa, kelebihannya apa, mereka tidak akan melakukan tindakan membeli," ucapnya.

 

Selain itu, lanjut Emil, perlu juga peningkatan pengetahuan digitalisasi UMKM. Lalu pemahaman pengelolaan manajemen jual beli UMKM digital.

"Nah tugas dari Pemkot Depok maupun Pemprov Jawa Barat memastikan infrastruktur internet berjalan dengan baik hingga ke tingkat desa," ujarnya.

Baca juga: Launching TribunnewsDepok: Menteri Airlangga Sampaikan Pertumbuhan Ekonomi Digital di Tengah Pandemi

Sementara Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, mengatakan di masa pandemi Covid 19 salah satu kelompok usaha yang dianggap tangguh adalah UMKM termasuk dalam bidang pertanian.

"Kenapa tangguh karena UMKM dimiliki bukan oleh satu orang tapi oleh masing-masing pengusaha," ucap Uu dalam kesempatan yang sama.

Baca juga: Harapan Imam Budi Hartono Kepada TribunnewsDepok.com: Memberikan Manfaat-Membangun Kota Depok

Uu menambahkan, Pemprov Jawa Barat dengan visi misinya Jabar Juara dengan digitalisasi inovatif dan juga kolaboratif maka Pemprov Jawa Barat memiliki kewajiban untuk mengakselerasi UMKM ke arah digital.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved