Berita Nasional

Nuffic Neso Gelar Orange Talk Series 6: Butuh Kemauan Politik untuk Implementasikan Road Map WASH

Orange Talk Series 6 digelar Nuffic Nesso sebut Indonesia di jalur tepat capai target layanan air bersih dan sanitasi, serta butuh kemauan politik.

Penulis: dodi hasanuddin | Editor: dodi hasanuddin
Istimewa
Nuffic Neso Gelar Orange Talk Series 6: Butuh Kemauan Politik untuk Implementasikan Road Map WASH. 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, JAKARTA - Nuffic Neso Indonesia gelar Orange Talk Series 6: butuh kemauan politik untuk implementasikan road map WASH.

Nuffic Neso Indonesia (NL Alumni Network) bekerja sama dengan ROTASI Institute (rotasi.or.id) menyelenggarakan Orange Talk Series #6.

Baca juga: Nuffic Neso dan Forum Alumni Penerima Beasiswa 5.000 Doktor Kemenag Gelar Pelatihan Bahasa Belanda

Temanya adalah “Challenges and Opportunities of Sustainable WASH (Water, Sanitation, and Hygiene) Practices in Rural Areas in the New Normal Era”.

Orange Talk edisi keenam kali ini bertujuan untuk mendiskusikan dan mengidentifikasi tantangan, hambatan, serta memberikan rekomendasi lintas disiplin dalam meningkatkan praktik WASH di masa pandemi Covid-19.

Prof. Sri Irianti, Profesor Riset di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dalam paparan materi keynote speech menyebutkan bahwa saat ini, Indonesia berada di jalur yang tepat.

Jalur yang tepat untuk mencapai target layanan air bersih dan sanitasi dasar secara menyeluruh pada tahun 2030, namun, pencapaian-pencapaian tersebut perlu untuk dipercepat setiap tahunnya.

Lebih lanjut Sri menyoroti pentingnya kerjasama antara pemangku kepentingan yang ada dan juga potensial kelompok lainnya dalam mengimplementasikan Road Map WASH menuju SDG 6 di Indonesia.

Baca juga: Reza Artamevia Ingin Menikah Lagi Setelah Bebas dari Penjara, Siapa Calonnya?

Sesi diskusi panel menghadirkan empat pembicara yang merupakan pakar dan ahli di bidang praktik WASH dari Indonesia dan Belanda untuk membahas lebih spesifik mengenai tantangan dan peluang terkait praktik WASH berkelanjutan untuk mencapai SDG 6 dalam memasuki era new normal.

Yakni Koen Broersma (Ramboll-Profesional pada bidang tata kelola air dari); Neni Sintawardani (Peneliti senior dari LIPI); Nur Aisyah Nasution, Staff Perencanaan Air Minum & Sanitasi, Bappenas; Fany Wedahuditama (Alumnus ISS the Hague, Belanda; Direktur Alliance for Water Stewardship Foundation Indonesia).

Baca juga: Pemerintah Pasang Target 80 Persen Masyarakat Indonesia Sudah Tervaksin di Akhir 2021

Neni Sintawardani, peneliti di Loka Penelitian Teknologi Bersih, Badan Riset dan Inovasi Nasional, membagikan pengalamannya dalam mengelola proyek-proyek yang didanai oleh pemerintah maupun pihak asing.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved