Vaksinasi Covid19

Dua Hari Gelar Gebyar Vaksinasi Tahap Tiga, Kecamatan Beji Distribusikan Sebanyak 723 Dosis Vaksin

Dua Hari Gelar Gebyar Vaksinasi Tahap Tiga, Kecamatan Beji Distribusikan Sebanyak 723 Dosis Vaksin. Berikut Selengkapnya

Penulis: Mochammad Dipa | Editor: Dwi Rizki
Warta Kota
Camat Beji, Hendar Fradesa 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, BEJI - Sebanyak 723 warga di Kecamatan Beji, Depok berhasil divaksin selama dua hari pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 tahap tiga. Terhitung sejak 15 dan 16 September 2021.

Camat Beji, Hendar Fradesa merinci hari pertama pihaknya berhasil menjaring sebanyak 427 pendaftar.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 406 warga berhasil disuntik vaksin Covid-19.

"Untuk hari pertama kemarin ada 406 orang tervaksin dari 427 orang yang daftar. Sisanya gagal karena alasan klinis," ucap Hendar ketika ditemui Wartakotalive.com di Kecamatan Beji pada Jumat (17/9/2021).

Sedangkan pada hari kedua sebanyak 353 warga mendaftar namun hanya 317 warga yang tervaksin.

Sementara 36 orang lainnya gagal vaksin dikarenakan beberapa faktor, seperti faktor kesehatan dan ada juga yang NIK nya bermasalah.

"Kalau yang hari ini belum bisa kami ketahui datanya dan ini menggunakan aplikasi dari TNI untuk penginputan data, tapi kami tetap membuatkan laporan manualnya supaya lebih tergambar lagi penambahan jumlah orang yang divaksin," ungkap Hendar.

Antrian warga menuju ruang vaksin pria saat pelaksanaan vaksinasi tahap ketiga di Kecamatan Beji, Depok pada Jumat (17/9/2021).
Antrian warga menuju ruang vaksin pria saat pelaksanaan vaksinasi tahap ketiga di Kecamatan Beji, Depok pada Jumat (17/9/2021). (Warta Kota)

Baca juga: Solusi Pemulihan Ekonomi, Sandiaga Uno : Berkaca Pada Kearifan Lokal Desa Wisata Bejijong

Baca juga: Forum Institut Pariwisata Dunia Puji Menparekraf Sandiaga Uno di Global Tourism Forum

Hendar menambahkan, dalam vaksinasi tahap tiga ini, Kecamatan Beji bekerjasama dengan Kodim 0508 Kota Depok. Adapun target vaksinasi tahap ketiga selama tiga hari pelaksanaan adalah 1.500.

"Untuk tahap ketiga ini sasarannya para penyintas ataupun orang yang belum tervaksin serta orang-orang yang gagal vaksin kemarin karena kondisi klinisnya,"sebutnya.

Menurut Hendar, pada vaksinasi tahap tiga ini memang jumlah warga yang vaksin cenderung menurun. Hal tersebut karena banyak warga Depok yang sudah divaksin pada tahap satu dan dua.

Baca juga: Buktikan Indonesia Kaya Akan Kearifan Lokal, Sandiaga Uno Berikan Bulut Bagci Pakaian Adat Gorontalo

Baca juga: Masuk PPKM Level 1, Sandiaga Uno Optimistis Sektor Parekraf Berkembang Pesat di Surabaya

"Tahap tiga targetnya 500 per hari, tapi nampaknya tidak melebihi target karena sudah banyak warga yang sudah divaksin dibandingkan pada tahap pertama dan tahap kedua yang melebihi target," ucapnya.

Meski demikian, Hendar menilai tidak akan sampai 100 persen orang tervaksinasi. Masih banyak juga warga di Kecamatan Beji terutama yang penyintas Covid-19 yang belum tervaksin. Untuk itu, mereka harus difasilitasi juga.

"Di kecamatan beji ada 1.500 orang penyintas mereka rata-rata baru bisa tervaksin di Oktober dan November karena harus menunggu tiga bulan. Nah nanti akan ada kebijakan lagi soal vaksinasi untuk penyintas," ucap Hendar.

Baca juga: 5G Diluncurkan, Sandiaga Uno: Setitik Harapan untuk Buka Peluang Usaha dan Lapangan Kerja

Baca juga: Relawan Kawan Sandi (RKS) Sulawesi Selatan Deklarasikan Sandiaga Uno Maju Capres 2024

Sementara itu, terkait pelaksanaan vaksinasi tahap empat, Hendar belum bisa memastikan.

Alasannya karena harus menunggu hasil rapat di Kecamatan. 

"Apakah nanti akan ada vaksinasi tahap empat, kita maih tunggu hasil rapat di Kecamatan," ujar Hendar. 

Berdasarkan pantauan Wartakotalive.com, suasana pelaksanaan vaksinasi tahap tiga di Kecamatan Beji terlihat lancar dan tidak terjadi kerumunan warga. Warga dengan tertib duduk mengantri di kursi-kursi yang telah disediakan panitia di halaman Kantor Kecamatan Beji dengan beratapkan tenda. 

Mereka menunggu namanya dipanggil untuk melakukan tahap screening kesehatan setelah melakukan pendaftaran. Jika lolos screening kesehatan, maka peserta vaksin diarahkan keruangan vaksin yang berada di dalam kantor Kecamatan. Ruang vaksin dibedakan menjadi dua untuk pria dan wanita.  (dip)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved