Vaksinasi Covid 19

Sri Mulyani Ungkap Syarat Penerima Vaksinasi Gratis dan Bayar Sendiri di 2022

Sri Mulyani Ungkap Syarat Penerima Vaksinasi Gratis dan Bayar Sendiri di 2022. Simak selengkapnya di dalam berita ini.

tribunnews
Sri Mulyani 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Kementerian Keuangan menyatakan, pemerintah mengalokasikan anggaran pengadaan vaksin Covid-19 sekira Rp 35 triliun hingga Rp 36 triliun di 2022. 

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, ada dua mekanisme vaksinasi yakni gratis dan mandiri atau bayar sendiri, di mana persyaratannya akan dibahas dengan Kementerian Kesehatan dan BPJS Kesehatan. 

"Nanti ini akan melibatkan BPJS, yang mana akan mandiri, yang mana akan gratis. Jadi, nanti kita akan diskusi dengan Pak Menkes dan juga dengan BPJS Kesehatan," ujarnya saat konferensi pers APBN Kita, Rabu (25/8/2021). 

Sri Mulyani menjelaskan, keputusan terkait penerapan harga untuk vaksin mandiri akan diserahkan ke Kementerian Kesehatan. 

Baca juga: Prokes di Kompetisi Liga 1 Lebih Ketat dari Piala Menpora, Dokter Yusuf Optimis Kompetisi Berlanjut

"Mengenai harga, Pak menkes yang menentukan, yang jelas meskipun ini mandiri dan bayar sendiri, harganya ditetapkan Kementerian Kesehatan," katanya. 

Artinya secara keseluruhan, vaksinasi pada dasarnya mengikuti dari kebijakan mengenai situasi kalau masih dalam posisi Covid-19 sebagai pandemi. 

Kemudian mencapai apa yang disebut dengan herd immunity, sehingga pemerintah akan memenuhi vaksinasi menggunakan APBN dan itu berarti gratis. 

"Namun, seiring dengan kemungkinan terjadinya perubahan dari pandemi menjadi endemik akan memunculkan kebutuhan untuk mereka yang akan melakukan booster. Karenanya, dibuka kemungkinan untuk vaksin mandiri, menteri kesehatan nanti akan menentukan merknya apa saja," pungkas Sri Mulyani. (Yanuar Riezqi Yovandi)

Baca juga: Pertandingan RANS FC Vs Fenerbache, Rendy Juliansyah Ngamuk ke Wasit Cantik di Depan Raffi Ahmad

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved