Vaksinasi Covid 19

Ini Cara Daftar Vaksinasi Covid-19 untuk Ibu Hamil dan Menyusui di RS St.Carolus

Rumah Sakit St. Carolus Salemba, Jakarta Buka Sentra Vaksinasi Covid-19 untuk Ibu Hamil dan Menyusui, Daftar Lewat GoTix. Simak selengkapnya.

dok. Gojek
Ibu hamil peserta vaksinasi sedang mendapatkan vaksinasi Sinovac dosis pertama di Sentra Vaksinasi COVID-19 Khusus Ibu Hamil dan Menyusui yang diselenggarai oleh GoTix. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Upaya memperluas sasaran vaksin Covid-19 terus dilakukan pemerintah. Setelah pemberian vaksin Covid-19 kepada anak-anak usia 12-17 tahun, pemerintah juga memberikan pemberian vaksin Covid-19 kepada ibu hamil.

Untuk mempermudah ibu hamil dalam mengakses layanan vaksinasi Covid-19, Gojek melalui salah satu layanannya yakni GoTix pada Senin (23/8) resmi membuka Sentra Vaksinasi COVID-19 khusus bagi ibu hamil (bumil) dan ibu menyusui (busui) di Rumah Sakit St. Carolus Salemba, Jakarta.

Inisiatif GoTix melalui kolaborasi dengan Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) ini sejalan dengan surat edaran Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) pada 2 Agustus 2021 tentang Vaksinasi Covid-19 bagi Ibu Hamil dan Penyesuaian Skrining dalam Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19.

Para bumil dan busui memiliki risiko tinggi terpapar virus yang dapat berdampak kepada kehamilan maupun bayi.

Baca juga: Tira Persikabo Terus Lakukan Persiapan Menghadapi Liga 1 2021, Fokus pada Konsentrasi dan Mental

Para bumil dengan kandungan yang telah memasuki trimester kedua dan busui sudah dinyatakan aman dan dapat turut memperoleh vaksinasi, termasuk yang sudah melakukan vaksin pertama.

Sentra vaksinasi di Rumah Sakit St. Carolus Salemba, Jakarta dibuka pada tanggal 23-28 Agustus 2021 pukul 08.00-15.00 WIB. Sentra vaksinasi ini menyasar 5.000 penerima vaksinasi dengan menggunakan dosis vaksin Sinovac.

Setiap hari, sejumlah 30 tenaga kesehatan serta sejumlah dokter spesialis obstetri dan ginekologi terlibat aktif memastikan kelancaran pelaksanaan vaksinasi Covid-19 selama sepekan tersebut.

 

Cara daftar

Bagi para bumil dan busui yang ingiin mengikuti vaksinasi ini, caranya dapat mendaftarkan diri hanya melalui GoTix pada aplikasi Gojek. Pastikan aplikasi Gojek Anda sudah terupdate ke versi terbaru untuk dapat melakukan pendaftaran.

Vaksin yang akan digunakan di acara ini adalah vaksin jenis Sinovac dan vaksin pertama hanya dapat diberikan pada ibu hamil mulai usia kehamilan 13 minggu ke atas. 

Beberapa hal yang harus Anda perhatikan setelah melakukan pendaftaran di GoTix:
● Pastikan Anda membawa KTP/KK untuk calon penerima vaksin saat hari kedatangan
● Calon penerima vaksin dapat didampingi oleh maksimal 1 orang pendamping saat melakukan
vaksin
● Print e-voucher dan kartu kendali. Pastikan untuk membawanya ketika jadwal vaksin dilakukan
● Bawa pulpen untuk mempermudah proses administrasi
● Sentra vaksinasi khusus ibu hamil dan ibu menyusui ini melayani vaksin dosis kedua

Baca juga: Kiki The Potters Minta Nikita Mirzani Buktikan Tuduhan Illegal Access

Head of GoTix Tubagus Utama mengatakan, hadirnya Sentra Vaksinasi Covid-19 yang diperuntukkan khusus bagi para bumil dan busui ini untuk meningkatkan #ProteksiEkstra bagi mereka dan juga yang disayangi.

Inisiatif ini dapat terlaksana melalui kolaborasi dengan sejumlah pemangku kepentingan yang memiliki kesamaan misi dalam penanganan Covid-19, terutama menekan kasus pada pada bumil dan busui yang rentan terpapar Covid-19.

“Secara khusus kami mengapresiasi POGI yang turut mendukung dalam memberikan edukasi terkait pentingnya vaksinasi bagi bumil dan busui serta menyebarluaskan informasi mengenai sentra vaksinasi,” ungkap Tubagus Utama dalam keterangan tertulis, Senin (23/8).

Sementara, Dr. Ulul Albab, SpOG, Sekretaris POGI Cabang Jakarta juga menyambut baik dan mendukung Sentra Vaksinasi COVID-19 yang diselenggarakan oleh GoTix. Menurutnya, ibu hamil perlu diprioritaskan untuk mendapatkan vaksinasi karena merupakan kelompok rentan dan masuk dalam empat besar komorbid Covid-19 setelah hipertensi, diabetes melitus, dan jantung.

“Semua jenis vaksinasi aman bagi ibu hamil dan dapat diberikan saat kehamilan sudah memasuki trimester kedua. Hingga saat ini, tidak ditemukan efek samping pada kehamilan, embrio, maupun perkembangan anak setelah ibu divaksinasi Covid-19 sehingga para ibu tidak perlu khawatir atau takut untuk menjalani vaksinasi,” ungkap Ulul Albab. (MOCHAMAD DIPA)

Baca juga: Elektabilitas Ganjar Pranowo Ungguli Prabowo Subianto dan Ridwan Kamil, Begini Sikap Pendukungnya

Sepanjang penyelenggaraan sentra vaksinasi tersebut, GoTix akan menghadirkan rangkaian konten edukatif dan hiburan secara online bagi peserta vaksinasi pada saat menunggu giliran vaksinasi maupun saat observasi.

Informasi selengkapnya terkait pendaftaran vaksinasi di sentra vaksinasi Covid-19 khusus ibu hamil dan menyusui dapat diakses di tautan berikut ini atau di akun Instagram @GoTixIndonesia. (dip)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved